Self Develop Film Negatives at Home (Mencuci Film Negatif Sendiri di Rumah)

Sebelum memutuskan untuk “bermain” kamera analog, tentu kita juga memikirkan bagaimana nanti memproses film hasil jepretan kamera analog di era digital ini sedangkan banyak studio foto yang sudah tidak melayani cuci-cetak film. Seperti halnya yang saya alami dulu ketika mulai tertarik dengan kamera analog. Pada waktu itu sekitar tahun 2016 ketika saya tinggal di Tuban, saya dipinjami kamera analog oleh seorang teman. Karena penasaran, akhirnya saya berkeliling kota Tuban untuk mencari film dari studio foto satu ke studio foto yang lain, namun tidak ada satu pun yang masih menjual film, apa lagi yang masih melayani cuci-cetak film. Akhirnya saya browsing mencari informasi lebih tentang kamera analog dan menemukan group Facebook yang bernama Forum Jual Beli Kamera Analog (Film). Dari grup itu akhirnya saya membeli kamera analog pertama saya yaitu Pentax SV dan film pertama saya Ilford HP+5, film hitam putih atau BW (Black and White). Pada saat itu saya masih mencuci film BW di Hipercat Lab, yang berlokasi di Bandung dengan cara mengirim roll film via pos. Karena rasa penasaran saya semakin hari semakin menggebu tentang kamera analog, saya belajar di Youtube tentang bagaimana proses mencuci film, khususnya film BW di rumah. Setelah mengetahui cara-caranya, akhirnya saya mulai mengumpulkan peralatan dan chemical yang dibutuhkan untuk mencuci flm BW. Berikut akan saya bahas peralatan dan chemical yang dibutuhkan untuk mencuci film BW di rumah:

A. Peralatan

1. Developer Tank

Developer Tank

Developer Tank. Ada yang berbahan plastik, ada yang berbahan stainless steel. Cara penggunaannya sama saja

Mungkin saat ini agak jarang yang menjual developer tank, tapi anda bisa menanyakan kepada teman-teman di komunitas atau di Forum Jual Beli Kamera Analog (Film), atau yang pasti ada di ebay.

Komponen dalam Developer Tank

Komponen dalam Developer Tank

2. Film BW yang akan di cuci

Yang sangat penting juga tentunya adalah roll film yang akan di cuci kan. Masak iya mau cuci film tapi tidak ada filmnya, hehe.

Film Black And White

Berbagai Macam Film Black and White (Film BW)

3. Gelas Ukur

Gelas ukur digunakan untuk mengukur banyaknya cairan chemical yang akan digunakan untuk mendevelop film.

Gelas Ukur

Contoh gelas ukur yang bisa digunakan untuk mengukur cairan chemical yang akan digunakan jntuk proses mencuci film

4. Changing Bag

Changing bag adalah kain tebal kedap cahaya yang berfungsi untuk menggulung film dari canister ke developer tank.

images (15)

Untuk sobat-sobat di rumah tidak perlu kawatir jika tidak memiliki changing bag, karena masih bisa diakali dengan menggunakan selimut tebal atau jaket ataupun kain tebal apapun. Yang penting pada saat menggulung film dari canister ke developer tank tidak terkena cahaya.

5. Gunting

Gunting digunakan untuk memotong film ketika menggulung ke developer tank di dalam changing bag.

6. Termometer

Termometer digunakan untuk mengukur dan memantau suhu cairan chemical pada suhu yang setabil.

Thermometer

Thermometer untuk mengukur suhu chemical selama proses develop

Karena proses develop sangat bergantung pada suhu chemical, maka sangat penting untuk mengetahui temperatur chemical yang akan kita gunakan untuk mendevelop film negatif. Semakin tinggi temperatur chemical, semakin cepat proses developnya, demikian juga sebaliknya. Sehingga jika tidak dijaga suhunya hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

6. Film Picker atau Pembuka Canister (optional)

Film picker digunakan untuk mengeluarkan film dari canister (roll nya). Pembuka canister digunakan jika film yang akan dicuci tergulung habis ke dalam canister ketika mengeluarkannya dari kamera.

Biasanya saya ketika menggulung film dari kamera tidak sampai habis, jadi ketika mengeluarkannya pun masih bisa ditarik dengan tangan. Bisa juga diakali selesai memotret, langsung saja kameranya dimasukkan ke dalam changing bag, dan keluarkan filmnya dari kamera di dalam changing bag.

7. Alat tambahan

Baskom berisi air es untuk menjaga suhu chemical tetap stabil.

B. Chemical

Chemical atau bisa dikatakan sebagai obatnya untuk mencuci antara lain:

1. Developer

Developer adalah bahan kimia yang digunakan untuk melunturkan lapisan silver halida pada film hingga kemudian muncul gambar hasil jepretan dari kamera. Developer digunakan pada tahap pertama saat proses cuci film. Terdapat berbagai macam merk developer pabrikan di pasaran yang bisa kita beli untuk cuci film dirumah, bahkan ada beberapa developer bisa kita racik sendiri menggunakan bahan-bahan kimia yang mudah ditemukan di toko kimia terdekat. Merk-merk yang biasa untuk digunakan untuk mencuci film BW misalnya seperti Kodak D-76, ILFORD Ilfotec DD-X, Fujifilm Automatix X-Ray dan lain-lain.

Sebagai catatan, cairan developer film itu sangan sensitif terhadap oksigen karena jika terpapar oksigen, kadar kimiawi dari developer bisa menurun. Sehingga dalam penyimpanan usahakan tidak ada udara yang masuk ke dalam botol penyimpanan.

2. Stop Bath

Stop Bath berfungsi untuk menghentikan proses kimia develop film sebelum masuk tahap selanjutnya. Karena sifat dari developer itu melunturkan lapisan silver halida pada film untuk membangkitkan foto, jika setelah proses develop tidak diberikan stop bath maka proses develop masih berlangsung, dan mungkin saja bisa terjadi gambarnya menjadi hilang atau putih. Seperti halnya developer, banyak juga perusahan yang memproduksi Stop Bath seperti; ILFORD Ilfostop, Tetenal Acetic Acid, Sprint Block, Arista, Fomacitro, Odourles Stop Bath dan banyak lagi.

Jika tidak ada pun kita bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan cuka dapur dicampur dengan air. Saya biasanya menggunakan cuka, hehe. Karena harga stop bath yang dari pabrikan lumayan mahal.

3. Fixer

Fixer ini digunakan pada tahap akir proses mencuci film. Fixer berfungsi untuk menstabilkan proses develop dan membersihkan sisa-sisa silver halida yang masih menempel agar tidak terjadi foging (gelap seperti tertutup bayang-bayang). Fixer juga banyak merk yang ada di pasaran. Kita juga bisa mencampur sendiri dengan bahan kimia yang bisa kita peroleh di toko kimia.

 

Nah, setelah semua bahan atau chemical dan peralatan sudah lengkap mari kita lanjutkan ke proses mencuci film. Let’s Go!!

Pertama-tama, mari kita pahami panduan waktu yang diperlukan untuk mencuci film BW. Sobat sekalian juga bisa membuka di website digitaltruth.com. Untuk memudahkan sobat sekalian, berikut contoh temperature compensation dalam mencuci film BW dengan menggunakan Kodak D-76. Biasanya di dalam box film ILFORD HP+5 diberikan keterangan seperti ini. Dan juga biasanya setiap film itu beda-beda perlakuannya tergantung juga dengan developer yang digunakannya.

Temperatur Compensation

Kompensasi Suhu dalam proses develop film BW

Temperature Compensation

Temperature Compensation

Jika gambar di atas tidak terbaca dengan jelas, sobat sekalian bisa klik link pdf di bawah ini.

Temperature-compensation-chart

Nah, dari keterangan digital truth di atas, maka artinya jika kita menggunakan developer Kodak D-76 untuk mencuci film 35mm ILFORD HP+5 dengan asumsi dilusi dari developernya 1+1. Delusi atau dilution artinya adalah bahan lain yang digunakan sebagai campuran developer, biasanya campurannya adalah air. Kemudian jika temperatur dari developer kita 68°F atau 20°C, dan ASA/ ISO film yang kita develop adalah 400, maka waktu yang kita butuhkan untuk proses develop selama 13:00 menit.

Jika kita ingin melakukan push, atau meningkatkan ASA/ ISO, sama seperti di atas cara membaca temperature compensationnya, yaitu tinggal kita lihat saja di tabel yang ASA 1600, misalnya, berarti waktu yang dibutuhkan untuk mendevelop yaitu 18:00 menit.

Nah sekarang bagaimana jika temperatur developer yang akan kita gunakan tidak 20°C? Maka kita cari aja kompensasi temperaturnya di tabel yang pertama di atas. Pada kolom suhu 20°C kita cari menit 13:00 (sesuai rumus waktu yang dibutuhkan untuk 20°C ASA 400), maka tinggal kita tarik ke kanan atau kiri sesuai suhu developer yang kita miliki. Misal jika developer kita suhunya 21°C, maka waktu yang diperlukan untuk ASA 400 adalah 11:45 menit. Jika suhu developernya 22°C, maka waktu yang diperlukan adalah 10:30 menit. Jika suhu developernya 24°C, maka waktu yang diperlukan adalah 9:00 menit. Begitu seterusnya cara membacanya.

Setelah sobat sekalian memahami temperature compensation di atas, sobat siapkan suhu chemical yang akan sobat gunakan sesuai kebutuhan. Di sinilah fungsi dari baskom dan es tadi, untuk menyiapkan suhu developer.

Lanjut Ke Proses

Sambil menunggu suhu developer siap, sobat masukkan film ke dalam developer tank dengan menggunakan changing bag. Ingat, jangan sampai film yang akan sobat cuci terkena cahaya.

Persiapan menggulung film ke dalam developer tank

Yang perlu dimasukkan ke dalam changing bag antara lain; Developer Tank, Film, Gunting, dan Film Picker/ pembuka canister.

Setelah semua masuk, oke deh tinggal menggulung film dari canister ke rel developer tank.

Rel Developer

Ini lo yang dimaksud Rel Developer. Jadi filmnya digulung ke situ, kemudian dimasukkan ke dalam tankinya lalu ditutup rapat

Berlatihlah dahulu kalau perlu dengan cara menghapal posisi tangan dan rel dan lain sebagainya dari proses memotong film hingga ke proses menutup developer tank nya, karena ini dilakukan di dalam changing bag dan anda tidak bisa melihatnya seperti di gambar berikut ini;

Proses memasukkan film ke dalam developer tank menggunakan changing bag

Proses memasukkan film ke dalam developer tank menggunakan changing bag

Proses memasukkan film ke dalam developer tank menggunakan changing bag

Proses memasukkan film ke dalam developer tank menggunakan changing bag

 

Lakukan semua proses di atas di dalam changing bag. Jika film sudah selesai loading ke developer tank, bisa dilanjutkan ke proses develop.

Berikut langkah-langkah dalam developing film BW negatif dengan asumsi film BW ASA 400 dan developer delusi 1+1 :

1. Pre Wash

Pre Wash di sini dimaksudkan agar film yang akan kita develop bersih dari debu atau kotoran yang menempel sehingga proses developing tidak terganggu. Dalam proses ini cukup dibersihkan menggunakan air biasa dengan cara sama seperti ketika proses developing, yaitu memasukkan air ke dalam tangki tanpa membuka developer tank. Selama proses developing hingga selesai, hanya boleh membuka cup developer tank, atau penutup paling luar developer tank (lihat gambar *komponen developer tank).

Cara memasukkan cairan selama proses developing

Cara memasukkan cairan selama proses developing

Setelah dimasukkan air sebanyak 400ml, tutup kembali cup developer tank lalu dalam proses prewash ini lakukan agitasi dengan cara membolak balikkan developer tank dalam waktu kurang lebih selama 15 detik.

Agitasi

Agitasi: seperti ini cara agitasi film yang benr

Dalam setiap proses developing yang memerlukan agitasi, agar hasilnya halus biasanya saya melqkukannya dengan tempo 1 detik, maksudnya dalam tiap 1× membalik developer tank temponya 1 detik.

2. Proses Developing Film

Dalam proses developing, siapkan timer (bisa menggunakan HP sobat sebagai timer). Timer sudah jalan ketika cairan developer dimasukkan. Dengan asumsi film ASA 400 dan delusi 1+1 dan suhu developer solutionnya adalah 20°C maka waktu yang dibutuhkan untuk proses develop ini membutuhkan waktu 13 menit. Masukkan cairan developer (developer solution) sebanyak 400ml menggunakan gelas ukur.

Developer Solution masuk dan lakukan agitasi

Developer Solution masuk dan lakukan agitasi

Pada menit pertama lakukan agitasi hingga penuh 1 menit agitasi. Kemudian 12 menit berikutnya agitasi dilakukan 10 detik dalam setiap menitnya. Kalau saya biasanya, di detik 0-10 detik lakukan agitasi setelah itu diamkan dari detik ke 11 hingga detik ke 60. Setiap selesai melakukan agitasi (gerakan membolak-balikkan developer tank tadi) usahakan mengetuk-ngetukkan developer tank, tidak perlu terlalu kencang agar tidak merusak developer tank. Tujuan dari mengetuk-ngetuk ini untuk menghilangkan gelembung udara yang mungkin menempel pada roll film yang dapat mengganggu proses developing. Selama proses developing ini, setiap jeda selesai melakukan agitasi usahakan juga selalu cek temperatur developer solution yang ada di dalam developer tank dengan menggunakan thermometer. Gunakan thermometer air yang agak panjang agar bisa menjangkau tangki developer. Tujuannya agar suhu yang ada di dalam tangki selalu setabil 20°C. Di sinilah fungsi dari Baskom berisi air es tadi, untuk mengkondisikan temperatur developer solution selalu setabil.

3. Proses Stop Bath

Setelah proses develop selama 13 menit, keluarkan developer solution (cairan developer) ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Sayang kalau di buang, karena masih bisa digunakan lagi hingga beberapa kali. Tapi kalau untuk pemula, jika kawatir ribet dan memakan waktu banyak, tidak apa-apa lah dibuang dulu untuk saat ini (saya dulu begitu karena takut waktunya kelebihan).

Kemudian bilas dengan air bersih dengan cara yang sama yaitu melakukan agitasi kurang lebih 15 detik. Lakukan pembilasan 2-4 kali, kemudian masukkan cairan stop bath sebanyak 400ml. Setelah dimasukkan, lakukan agitasi selama 60 detik. Setelah selesai melakukan agitasi selama 60 detik, keluarkan cairan Stop Bath, dan bilas dengan air bersih seperti pembilasan dan pre wash sebelumnya. Selama pembilasan lakukan agitasi 15 detik, ulangi pembilasan 4 hingga 5 kali, tujuannya agar sisa cairan stop bath benar-benar bersih dan tidak merusak cairan fixer.

4. Fixer

Setelah proses stop bath selesai dan dilakukan pembilasan, masukkan cairan Fixer. Lakukan proses Fixer ini selama 7 hingga 10 menit dengan tata cara sama seperti dalam proses developing; yaitu lakukan agitasi awal 60 detik, kemudian dalam setiap menit berikutnya lakukan agitasi selama 10 detik dan diamkan hingga ke detik 60, berikut seterusnya hingga 7 – 10 menit proses.

5. Pembilasan

Selamat, sampai pada tahap ini sobat kreatif sudah diperbolehkan mengintip hasil “cucian” (developing) sobat sekalian. Di sinilah tahap yang sangat bikin penasaran dan sueneng sekali ketika hasilnya bagus.

Sebelum film dikeluarkan dari gulungan, lakukan pembilasan dengan air bersih. Lakukan beberapa kali pembilasan hingga sobat merasa sudah cukup bersih.

Setelah dibilas menggunakan air bersih, tahap terakir yaitu proses film cleaner, kalau saya biasanya menggunakan air bersih dan 1 tetes sunlight. Tujuannya ketika pengeringan tidak tertempel kotoran atau debu.

Tahap terakir dalam proses developing ini yaitu melakukan pengeringan, sobat keluarkan roll film dari gulungan rel developer tank lalu sobat bisa mengusap dengan cara menjepit film dengan kedua jari dan diusap dari ujung ke ujung. Sobat sekalian bisa menggunakan alat seperti di bawah ini untuk membersihkan film yang sudah selesai di develop dengan membelinya di online shop, kalaupun tidak ada, sobat bisa menggunakan kedua jari sobat yang bersih seperti yang sudah saya jelaskan di atas:

Setelah itu, gantung film dengan penjepit yang bersih, dan gantung di tempat yang tidak banyak debu dan angin, agar film yang masih basah ini tidak terkena debu yang dapat merusak hasil cuci menjadi jelek ketika di scan. Gantung aja di kamar mandi atau di tempat lembab lainnya yang tidak ada debu. Diamkan selama kurang lebih 4 jam dan, taraaa film BW sobat selesai di develop dan tinggal di scan negatif atau mungkin di cetak di kertas foto. Dan sobat sekalian sudah bisa mengupload hasil kreatifitas sobat sekalian di media sosial setelah dilakukan proses scan negatif film.

Menggantung film

Menggantung film, tahap terakir dalam developing film

Rangkuman proses develop untuk mempermudah sobat membaca:

1. Prewash

●》 Air bersih

●》Agitasi 15 detik

2. Developer Solution

●》 Agitasi awal 60 detik

●》 Diamkan 50 detik

●》 Agitasi 10 detik

●》 Diamkan 50 detik

●》 Agitasi 10 detik

Terus lakukan hingga 13 menit. (Waktu sesuai rumus temperatur compensation).

●》 Bilas dengan air bersih

3. Stop Bath

●》 Agitasi selama 60 detik

●》 Bilas dengan air bersih, agitasi selama 15 detik, ulangi 4 hingga 5 kali pembilasan.

4. Fixer

●》 Agitasi awal 60 detik

●》 Diamkan 50 detik

●》 Agitasi 10 detik

●》 Diamkan 50 detik

●》 Agitasi 10 detik

Seterusnya hingga 7 sampai 10 menit.

4. Bilas dengan air bersih

5. Bilas dengan air diberi mama lemon/ sejenisnya

6. Film dielap, kemudian gantung dengan penjepit.

 

Nah, demikianlah sobat langkah-langkah dan peralatan serta bahan yang diperlukan untuk mencuci film negatif sendiri di rumah, khususnya untuk film BW atau Hitam Putih atau Monocrome. Silahkan meninggalkan komentar sebagai bahan diskusi. Jangan lupa juga untuk membagikan tulisan ini kepada kawan-kawan anda di media sosial anda.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Salam Kokang Jepret ☆☆

2 thoughts on “Self Develop Film Negatives at Home (Mencuci Film Negatif Sendiri di Rumah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s